Pages

..

....

Ads 468x60px

Rabu, 20 April 2011

Fakta NComputing

NComputing Map 
Apa itu Ncomputing?
Berikut adalah arti Ncomputing yang didapat dari website distributor lokal:
Ncomputing adalah terminal pertama di dunia yg tidak membutuhkan CPU, hard-drive, atau CD-ROM dan dapat dipergunakan sama seperti PC biasa.
Dengan teknologi bernama Ncomputing exclusive UTMA (Ultra Thin Multi-Access), Ncomputing dapat meng-ekspansi PC  sampai 10 terminal komputer. (sampai 30 client dengan Windows Server 2003 atau 2000 Server. Unlimited terminals dengan operating sistem Linux tertentu).
Teknologi diatas dimungkinkan karena kecepatan prosessor & besarnya kapasitas memory yang saat ini beredar dipasaran sebenarnya tidak pernah digunakan secara maksimal dalam pemakaian aktivitas normal, sehingga hanya diperlukan satu CPU sebagai server untuk menjalankan banyak terminal client (terdiri dari monitor, mouse, keyboard, dan terhubung ke LAN)Ncomputing saat ini biasa digunakan di sekolah-sekolah, warnet, dan kantor karena biasanya tidak memerlukan kecepatan komputer yg maksimal.
Setelah berkesempatan menerapkan sistem Ncomputing ini di dalam perusahaan, saya akan menceritakan beberapa temuan/fakta dari NComputing.
Tapi pada kenyataannya, memang iklan tidak selamanya dapat dipercaya karena setelah saya melakukan riset lewat google, dan juga forum resmi NComputing sebelum memutuskan menggunakan alat ini, saya menemukan kekurangan dan masalah di NComputing. Salah satunya bila kita menggunakan OS selain Windows XP, untuk windows Vista sendiri masih dalam tahap beta dan tidak pernah dilakukan update semenjak versi terakhir dikeluarkan Windows Vista dan Windows Server 2008 sudah didukung di versi vSpace terbaru.
Sedangkan untuk OS Linux yang didukung hanya penggunaan Ubuntu 8.04 dan itupun sulit sekali untuk menemukan software dan panduan menginstallnya karena tidak disertakan dalam CD software tsb.
Untuk software pendukung NComputing digunakan  program bernama Vspace, ada masalah yang  saya rasa cukup mengganggu karena kita harus menonaktifkan Windows update kita, mengupdate windows bisa menyebabkan tidak bisa berfungsinya terminal NComputing bila file seperti win32k dan teman2-nya diupdate.
Antivirus hanya bisa menggunakan Avast versi 4.x, karena setelah mencoba menginstall Avira ataupun Comodo AV, Client NC tidak bisa terhubung ke Server NC.
Kelebihan NComputing : Lebih murah dibandingkan kita membeli PC baru dan juga lebih efiesien (listrik),
Sekian tulisan saya ini, di kesempatan berikutnya saya akan membagi pengalaman saya dalam langkah-langkah  memasang NComputing yang saat ini sudah berjalan sekitar 4 bulan dalam perusahaan saya.
Update 1 :
Untuk Avira bisa diinstal dengan menyeting port (Avira versi Professional), dan Antivirus ESET NOD32 v3.0 menurut komentar pengguna juga bisa digunakan
Update 2 :
Saat ini untuk software pendukung NComputing versi terbaru yaitu vSpace 5.1.3.12 sudah mendukung Windows Vista, Windows 7 dan Windows Server 2008 (untuk Windows Server 2008 R2 telah disupport dengan versi terbaru vSpace pada Maret 2011) tetapi untuk efek Aero tidak akan bisa dipakai, dan anda harus meregistrasikan / membayar licensi (ke Microsoft) untuk setiap terminal NComputing anda.
Update 3 :
Ncomputing bisa digunakan di Ubuntu 8.10 untuk tipe L130 and L230, dan Ubuntu 10.04 dapat digunakan untuk tipe L300, U-series, dan X350/X550.
Untuk proses instalasi dan registrasi program Vspace bisa lihat di post Cara Memasang (Instalasi) Ncomputing Di Warnet Atau Perusahaan dan untuk pengaturan IP address bisa dilihat di post Menggunakan IP berbeda di setiap client NComputing

0 komentar:

Popular Posts

^_^