Pages

..

....

Ads 468x60px

Kamis, 14 April 2011

cara Memperbaiki PC Monitor Blue Screen lengkap


diposkan dhe godzZul




 Blue screen, blue screen, apa sih blue screen? Blue screen sebenarnya hanyalah istilah saja yang biasa dilontarkan pada pengguna komputer ketika terjadi error system atau error pendeteksian hardware baru yang mengakibatkan layar monitor menjadi berwarna biru dan memunculkan informasi pendeteksian error pada system komputer.

Kapan Akan Terjadi Blue Screen ?

Blue screen akan terjadi jika :

1. Apabila system windows mendeteksi adanya hardware baru yang tertancap di perangkat komputer dan system windows monolaknya akibat beberapa hal misalnya hardware tersebut rusak sehingga system windows tidak bisa membaca system driver hardware baru tersebut.
2. System windows crash / rusak / corupt yang biasanya diakibatkan karena ulah virus yang merusak file-file system windows.
3. Memory sudah tidak dapat menampung data antrian yang mau diolah oleh procesor dan prosesor pun sudah tidak bisa mengolah data-data antrian tersebut. Biasanya hal ini diawali dengan hang.
4. dll

Cara penanganannya berdasarkan nomor kasus diatas :

1. Copot perangkat yang baru terpasang tersebut dari komputer, dan coba ganti dengan perangkat yang lainnya yang benar-benar masih jalan. Jika tidak terjadi Blue Screen maka memang perangkat yang baru tersebut rusak (baru beli tidak jaminan untuk bagus). Jika masih blue screen coba ganti ke slot / colokan yang lainnya. Jika sudah diganti ke slot/colokan yang lain dan tidak terjadi blue screen maka slot/colokan yang awal tadi bisa dipastikan sudah rusak atau mau rusak.
2. Kalo sudah menyangkut file system windows biasanya user tidak mau ambil pusing, format dan install ulang windowsnya. Tapi jika mua mengakali bisa juga menggunakan software maintenance seperti TuneUp Utilities, IO Bit, Regure, dan masih banyak lagi software maintenance yang lainnya. Jika tidak berhasil juga ya terpaksa deh Format dan Install ulang Windowsnya.
3. Untuk masalah memory biasanya banyak sampah yang bersarang di windows. Untuk itu anda bisa menggunakan software pembersih seperti Disck Creaner, TuneUp Utilities, IO Bit, Regcleaner, dll. Dan bisa juga dibantu dengan cara manual dengan mendetell file-file sampah di folder :

  • C:\Windows\Temp
  • C:\Windows\Prefetch (boleh di hapus jika dirasakan perlu)
  • C:\Documents and Settings\[ User Komputer ]\Local Settings\Temp
  • C:\Documents and Settings\[ User Komputer ]\Local Settings\Temporary Internet
  • C:\Documents and Settings\NetworkService\Local Settings\Temporary Internet Files


Mungkin masih banyak lagi masalah-masalah yang akan mengakibatkan Blue Screen. Yang pernah penulis alami hanyalah kejadian-kejadian diatas.

Mudah-mudahan dapat membantu dan bermanfaat.

0 komentar:

Popular Posts

^_^