Pages

..

....

Ads 468x60px

Kamis, 05 Mei 2011

Menjalankan Windows Virtual PC dan XP Mode di Windows 7 dengan semua tipe prosessor


                            Install Windows Server 2003 dengan Virtual PC
Baru-baru ini perusahaan tempat saya bekerja akan mengupgrade program ERP (Infor SL 8.01), setelah server dibeli dan OS minimal yang dibutuhkan adalah Windows Server 2003 atau Windows Server 2008.
Karena itu saya berpikir menjadikan Laptop saya sebagai test server, tapi saya dihadapkan pilihan untuk menghapus salah satu OS saya (Ubuntu 9.10, Windows XP, atau Windows 7). Pusing memikirkan saya harus menginstal kembali program-program di OS yang saya hapus, maka saya berpaling untuk menginstall Virtual PC, saat akan mendownload Virtual PC 2007, saya mengingat bahwa Windows 7 memiliki Windows Virtual PC yang seingat saya mensyaratkan Prosessor sudah mendukung AMD-V atau Intel-VT sementara Prosessor saya tidak memiliki fitur tersebut (Intel T4200).
Untungnya setelah membaca artikel di situs Microsoft, telah terdapat patch yang membuat Windows Virtual PC tidak perlu dijalankan pada prosessor Intel-VT sehingga prosessor apapun bisa digunakan untuk mode XP mode.
Akhirnya saya tidak jadi mendownload Virtual PC 2007 dan mendownload Windows Virtual PC.

Alas, setelah saya mendownload ternyata OS yang didukung hanya Windows XP, Vista dan Xp. Sudah terlanjur, akhirnya tetap saya coba paksakan untuk menggunakan Windows Server 2003. Sukses, ternyata OS dapat tetap dijalankan.
Berikut langkah-langkahnya :
  • Buat terlebih dahulu OS anda dengan cara Start Menu > Windows Virtual PC > Create virtual Machine atau download OS Windows XP dengan SP3 dari Microsoft.
  • Tentukan Nama Virtual machine dan lokasi penyimpanan Virtual Machine
Tutorial install Virtual PC di Windows 7
  • Tentukan Besarnya RAM yang akan dialokasikan, centang Use computer network connection bila ingin share network dengan host OS (Win 7)
merubah memori yang dishare di Virtual PC
  • Buat virtual Harddisk, bila sudah ditentukan ukurannya tekan tombol Create.
Pengaturan besarnya ruang harddisk untuk VPC
  • Run Virtual Machine tersebut, tetapi sebelum itu masukkan CD OS anda maka proses instalasi akan berjalan.
  • Dan anda sudah bisa menjalankan Microsoft Virtual PC dengan tipe Prossessor apa pun.
Screenshot Virtual PC di Windows 7
Dan saya juga sudah menginstall XP Mode dilaptop, dan dapat saya konfirmasi bahwa XP Mode dapat berjalan meskipun tanpa Prosessor yang mendukung. Dan berdasarkan informasi dari Microsoft perbedaan kecepatan prosessor dengan atau tanpa fitur AMD-V atau Intel-VT tidak berbeda jauh.
Keunggulan Microsoft Virtual PC dibanding Virtual PC 2007 :
  • Share resource dan devices (printer, audio, clipboard, smart card) antara OS Virtual dan Host OS
  • Disk drive, USB device, DVD Rom, dapat dideteksi si OS Virtual
  • 2 x Video Ram dari Virtual PC 2007 (8 mb menjadi 16 mb)
  • Dapat Autorun saat Windows baru dijalankan
  • Program-program yang ada pada OS Virtual bisa dijalankan langsung dari Windows 7, sehingga layar program akan terbuka di Windows 7 bukan di OS Virtual (OS tertentu yang didukung) untuk penjelasan lebih lanjut penggunaannya bisa lihat di post Mengaktifkan RemoteApp / Seamless Aplication Di Windows 7 Virtual PC

0 komentar:

Popular Posts

^_^