Pages

..

....

Ads 468x60px

Rabu, 14 April 2010

radio wireles

A. LANGKAH – LANGKAH MENYIAPKAN HARDWARE:

1.Koneksikan kabel pada Ethernet yang pada computer anda pada level one
2.Persiapkan kabel yang ada pada level one. Untuk dikoneksikan ke computer anda.


3.Pasanglah adaptor ke radio wireless. Kemudian, hubungkan dengan stopkontak. Tunggu sampai lampu status menyala.
4.Reset radio wireless untuk memudahkan setting IP pada radio.


B. LANGKAH – LANGKAH SETTING PADA RADIO WIRELESS


1.Buka program browser yang ada pada computer anda, misalnya opera, mozilla firefox, ataupun internet explorer.
2.Tuliskan alamat http://192.168.123.254
3.Anda harus login sebagai administrator, oleh karena itu masukkan password admin pada kota login.
4.Masukkan IP yang sudah ditetapkan oleh router. Disini router mengizinkan IP addres harus diatas 200, jadi kita harus menggunakan IP 192.168.10.201. Sedangkan, gateway yang digunakan 192.168.10.1
5.Untuk mensetting IP masuk ke Basic setting kemudian, primary setup.
6.Masukkan IP dan IP gateway yang telah ditetapkan pada static IP address setup.
7.Setelah IP address dimasukkan – save. Kemudian reboot lagi settingan wireless.

SETTING WIRELESS UNTUK ACCESS POINT

1. Masuk pada basic setting, kemudian wireless
2. Ganti channel AP dengna yang ingin digunakan disini, beri nama AP missal kelompok 10
3. Lalu, save dan reboot konfigurasi setelah dilakukan.
2.

KONFIGURASI WAP LINKSYS 54 G
IP default linksys – 192.168.1.245, reset linksys
A. Aktifkan linksys dan hubungkan menggunakan kabel UTP ke PC.
B. Buka alamat IP default linksys, pada jendela browser (misal, mozilla firefox, opera, internet explorer) password default – admin
C. Setup :

 Device name diisi
 Configurasi type
 Pilih static IP
 Masukkan alamat IP yang akan diikuti
 Masukkan subnetmask dan gateway
 Kemudian click save - setting
D. Pada AP made pilih “ access point (default)” <>
E. Pada menu ‘wireless’
 Pada menu made = pilih mixed
 Pada menu network name ( SSID ) = ketik nama ( terserah )
 Pada menu channel = pilih channel yang free

F. Lihat pada menu status untuk melihat konfigurasinya
G. Kemudian lepaskan kabel UTP dari PC ke linksys
H. Reboot linksys
I. Hubungkan linksys ke switch dengan kabel UTP
J. Ganti konfigurasi IP pada PC sesuai dengan konfigurasi linksys yang kitaatur tadi
K. Aktifkan network connection wireless dan klik ‘ view wireless network ‘
L. Klik nama wireless milik kita dan connectkan

NB: sebelum melakukan konfigurasi diatas install dan aktifkan USB
Wireless pada PC.


Langkah setting radio wireless


Berikut ini adalah langkah untuk melakukan konfigurasi Nano Setting :

Masukkan ip default NS2 yaitu 192.168.1.20 pada address bar browser kesayangan anda. Lalu akan muncul dialog box untuk login ke NS2 seperti dibawah ini.


Setelah itu, masukkan username dan password default yang diberikan pada NS2 yaitu username: ubnt dan password: ubnt. Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.



Kemudian masuklah pada tab Link Setup yang berada pada paling atas halaman. Pada Wireless Mode biasanya sudah terseting default Station oleh NS2, jadi biarkan saja. Apabila tidak terseting Station ganti dengan mengklik tanda panah kebawah pada Wireless Mode dan pilih Station. Maka tampilan yang ada akan berubah.Setelah itu kita klik button Select pada ESSID, maka akan muncul dialog box yang berisi access point lain yang terdekat dan untuk menentukan station yang sedang kita seting untuk terhubung ke salah-satu dari access point yang terdaftar pada list dialog box tersebut. Disini saya akan memilih NALE.BIZ




Kemudian pada Country Code bisa anda ganti dengan nama Negara tempat anda tinggal. Disini saya akan mengisinya dengan Indonesia, Republic of.


Setelah itu klik button Change yang ada pada halaman paling bawah. Dan akan muncul pertanyaan untuk memastikan apakah anda akan mempergunakan setingan tersebut. Kemudian klik Apply.

Kemudian akan muncul dialog box Apply seperti dibawah ini.


Setelah itu masuklah ke tab Main untuk melihat konfigurasi yang telah anda setting tadi. Seperti gambar dibawah ini.


Signal Strength menyatakan kekuatan sinyal yang diterima oleh NS2 kita terhadap NALE.BIZ
atau access point yang anda pilih tadi.

Untuk berikutnya kita akan menseting ip NS2 kita pada tab Network. Klik tab Network pada halaman atas. Network mode akan terseting otomatis pada Bridge, maka biarkan saja karena kita memang akan menseting NS2 kita dengan metode network Bridging. Kemudian pada Network Setting terdapat Bridge IP Address yang telah terseting otomatis pada Statis. Kemudian masukkan IP Address yang sekelas dengan IP Gateway yang telah anda dapatkan dari ISP (Internet Service Provider) anda. Kemudian masukkan Netmask yang sesuai kebutuhan anda. Dan masukkan IP Gateway, DNS Primary dan Secondary yang diberikan oleh ISP anda. Disini saya akan memasukkan IP Address NS2 10.10.11.241, Netmask 255.255.255.0, Gateway 10.10.11.242, DNS Primary 203.89.18.1 dan Secondary 203.89.18.2. seperti gambar 8 dibawah ini. Dan setelah itu klik button Change pada halaman bawah.


Dan akan muncul pertanyaan untuk memastikan apakah anda akan mempergunakan setingan tersebut. Kemudian klik Apply.


Kemudian akan muncul dialog box Apply seperti gambar 10 dibawah ini.


Untuk selanjutnya kita beralih pada laptop/pc anda. Gantilah ip Wireless anda pada Network Connection dan klik kanan Wireless Network Connection pilih properties, kemudian pilih Internet Protocol (TCP/IP), klik properties. Gantilah ip anda dengan ip yang sekelas dengan ip NS2 tadi. Disini saya akan mengisinya dengan ip 10.10.11.249.

Setelah anda seting ip laptop/pc anda, kemudian cabut kabel utp pada port Ethernet laptop/pc anda dan pasangkan pada port hub/switch. Kemudian cobalah anda ping ke IP NS2 dan ke IP Gateway yang tadi telah kita berikan melalui command promt laptop/pc.

Apabila telah berhasil mendapat dari replay dari masing-masing ip berarti anda telah berhasil menseting NS2 sebagai Station dengan Network mode Bridging. Dan akan terkoneksi dengan internet. Terima Kasih.

Langkah instalasi radio wirelss
Baiklah langsung saja kita mulai. Yang pertama anda butuhkan adalah download beberapa file berikut ini:
• vxworks_prep_v03.zip
• vxworks_killer_g_v06.zip
• DD-WRT micro generic – V24RC6.2
• Linksys TFTP transfer tool
• VXWorks Killer Image Tool
Tapi bila anda mengupgrade tipe GS anda membutuhkan beberapa file yang beda, download file berikut ini sebagai pengganti dua file pertama yang diatas.
• vxworks_prep_gs_v03.zip
• vxworks_killer_gs_v08.zip
Okay, vxworks_killer_g_v06.zip, vxworks_killer_gs_v08.zip dan image tool VXWorks Killer, merupakan tool yang dapat dipertukarkan, anda butuh satu dari tool untuk keduanya. File vxworks_killer_g and gs mempunyai alamat MAC umum (generic) didalamnya dan tool image VXWorks Killer tersebut mengizinkan anda untuk membuat image VXworks killer dengan alamat MAC yang ditanamkan kedalamnya. Anda juga dapat mencek ke website DD-WRT untuk melihat firmware yang lebihbarudari versi V24RC6.2. Ketika mendownload dari website DD-WRT website pastikan HANYA mendownload versi micro generic.
Setelah anda mendapatkan semua file tersebut, kita perlu mengekstraknya ke lokasi sementara. Kemudian anda ketikkan web browser anda ke alamat http://192.168.1.1 untuk mengakses halaman web-admin router.
Dari sini kita klik tab Administration

Setelah anda membuka tab Administration, kita perlu mengakses tab Firmware upgrade

Kemudian akhirnya kita tiba di halaman ini.

Kemudian kita klik masuk ke “browse”, dan telusuri lokasi seluruh file-file yang telah anda ekstrak dan download sebelumnya. Kemudian pilih file vxworks_prep_v03.bin. Setelah itu klik upgrade pada web interface tersebut. Setelah beberapa menit layar web browser anda akan kosong. Pada kondisi ini, copot lalu pasang kembali sumber arus listrik router, tahap ini disebut power cycling.
INGAT..!!!, JANGAN SEKALI-KALI ME-REBOOT ROUTER ANDA DENGAN MENEKAN TOMBOL RESET ATAU MENCABUT ARUS LISTRIK ADAPTOR ROUTER ANDA SELAMA PROSES FLASHING BERJALAN..!!!. Bila terjadi interupsi aliran listrik (seperti listrik padam, kabel colok listrik longgar dan sebagainya) sebelum router me-reboot sendiri, maka anda akan kehilangan uang sekitar $60 alias router anda mati total Capek deehhh…..
Baik sekarang sambil menunggu dan router mereeboot sendiri kita perlu membuat image vxworks killer image untuk diupload ke router tersebut. Kita akan menggunakan tool VXWorks Killer image yang telah anda download sebelumnya. Carilah file tersebut dan ekstraklah file zip-nya itu. dan jalankan vximgtoolgui.exe tersebut dan kita akan dihadapkan pada layar seperti gambar berikut ini:

Kita perlu mengisi isian MAC adress yang diinginkan. Alamat MAC asli dapat ditemukan pada bagian bawah router anda seperti gambar berikut ini:

Bentuk format MAC adsress adalah 1A:2B:3C:4D:5E:6F, segera sesudah anda mendapatkan informasi ini masuklah ke program vximgtool dan pilih tempat untuk menyimpannya dengan berikutnya mengklik tombol … ke isian output image. Anda akan dihadapkan dengan kotak diaolog browse seperti ini


Saya pilih untuk menyimpannya sebagai vxkillermac.bin lalu tekan tombol save dan klik create. Kemudian kita perlu kembali ke web browser kita ketik http://192.168.1.1 dan kita akan mendapatkan halaman layar webrowser Management Mode Firmware Upgrade seperti ini::

Sekarang kita berada mada layar management mode, klik Browse… dan cari file yang telah kita buat tadi pada program vximgtool yaitu file vxkillermac.bin. Segera sesudah anda memperoleh file tersebut, klik Apply. Sekarang kita tinggal menunggu kata Keberhasilan! yang akan terlihat pada layar. Setelah mencapai tahap ini kita perlu melakukan power cycle router kembali. Setelah lampu powern router kembali berkedip-kedip, ini merupakan pengecualian dan secara aktual baik.
Baiklah, sekarang kita telah mengupload vxkiller ke router, kita perlu memberikan komputer kita sebuah alamat IP, maka kita dapat menggunakan program TFTP firmware DD-WRT tersebut ke router. Pertama kita menuju ke Start dan kemudian menuju Control Panel. Selanjutnya kita buka Network Connections Panel. Klik kanan LAN or High-Speed Internet seperti ini:

Kemudian pilih Properties dari menu klik kanan tersebut. Anda akan dihadapkan pada layar seperti terlihat berikut ini:

Dari sini double click pada entri Internet Protocol (TCP/IP), akan mucul laya seperti ini:

Sekarang ubah IP dari otomatis “Obtain an IP address automatically” ke statik “Use the following IP address”. Kemudian pada isian IP address masukkan 192.168.1.101 dan pada isian subnet isikan 255.255.255.0 bila tidak terisi secara otomatis. Pada default gateway masukkan 192.168.1.1. Selengkapnya dapat anda lihat seperti gambar berikut ini:

Anda tidak perlu memasukkan DNS server. Sekarang klik OK pada bagian bawah halaman Internet Protocol (TCP/IP) Properties tersebut, dan klik OK pada bagian bawah halaman Local Area Connection Properties dan akan membutuhkan beberapa deti bagi PC anda merubah alamat IP anda ke 192.168.1.101.
Well, sekarang kita dapat menset IP pada TFTP image DD-WRT tersebut ke router. Untuk melakukannya bukalah tool Linksys TFTP tool yang telah kita download sebelumnya. Setelah anda buka, anda akan dihadapkan seperti pada gambar berikut ini:

Kita harus memasukkan nama Server name yaitu 192.168.1.1 dan Password biarkan kosong. Pada File, klik … untuk browse file dd-wrt.v24_micro_generic.bin yang telah kita download sebelumnya. Lanjut dan biarkan retry to 3 times, selengkapnya lihat gambar berikut ini:

Lanjutkan dan klik upgrade.
Sekali lagi…. INGAT..!!!, JANGAN SEKALI-KALI ME-REBOOT ROUTER ANDA DENGAN MENEKAN TOMBOL RESET ATAU MENCABUT ARUS LISTRIK ADAPTOR ROUTER ANDA SELAMA PROSES FLASHING BERJALAN..!!!. Biarkan proses flashing berjalan hingga selesai diupgrade. Proses flashing ini memerlukan waktu 1-10 menit. Bila terjadi interupsi aliran listrik (seperti listrik padam, kabel colok listrik longgar dan sebagainya) sebelum router me-reboot sendiri, maka anda akan kehilangan uang sekitar $60 alias router anda mati total Capek deehhh….. Setelah router me-reboot sendiri, anda dapat mengakses interface DD-WRT dengan mengetik http://192.168.1.1. pada browser anda. Default login dan password DD-WRT adalah User : root and Password : admin . Setelah prosedur ini anda lakukan, kedepannya anda dapat meng-update firmware DD-WRT dengan DD-WRT web gui, sama seperti mengupload file pertama kali pada Linksys web gui. Selamat menikmati Linksys WRT54G yang berjalan dengan berbasis Linux!

0 komentar:

Popular Posts

^_^